Kasus VBA: Kombinasi Abjad beserta Permutasinya dengan Fungsi Rekursif

Kombinasi dan permutasi adalah dua susunan yang sangat terkenal di bidang statistik dan probabilitas. Dengan mengetahui julmah populasi dari kedua susunan ini, para analis dapat memperkirakan kemungkinan terjadinya suatu peristiwa dengan lebih baik.

Pada artikel kali ini, penulis akan mencoba berbagi file Excel yang menghasilkan data kombinasi dan permutasi seperti pada gambar berikut. File ini dapat di-download disini.

Adapun penggunaannya cukup sederhana:

  1. Masukkan deretan abjad A,B,C, dan seterusnya pada cell H1.
  2. Masukkan jumlah pasangan abjad pada cell H2.
  3. Klik tombol Permutasi untuk menghasilkan populasi permutasi (sensitif terhadap posisi abjad) dari susunan abjad no.1 di atas.
  4. Klik tombol Kombinasi untuk menghasilkan populasi kombinasi (posisi tidak dipermasahkan) dari susunan abjad no.1 di atas.
Fungsi rekursif yang digunakan pada modul ini terlihat pada kedua gambar berikut.
Terlihat fungsi Permutasi dan Kombinasi akan memanggil dirinya sendiri dengan indikator pemberhentian fungsi rekursif adalah pada parameter level.
Cobalah download file contoh tersebut disini, jika ada pertanyaan penulis sangat terbuka untuk berdiskusi dan menjawab di user group Facebook kita di https://www.facebook.com/groups/belajarexcelinfo.
Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua !

BelajarExcel.info

One Comment

  1. Mas, jika kita mau oermutasi dgn angka yg double nta gimana ya? Cth. 1123 dipermutasikan. Kl dgn file yg mas upload ga berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *