Skip to main content

Menggunakan Rule dengan Formula pada Conditional Formatting


Pada artikel sebelumnya, ditunjukkan bagaimana memberi pewarnaan dengan conditional formatting. Spektrum warna pada artikel tersebut ditentukan oleh Excel berdasarkan perbandingan otomatis. Rule ini tentunya tidak cocok untuk banyak kondisi.

Melalui artikel ini, penulis akan menunjukkan contoh bagaimana membuat dan mengelola rule yang banyak digunakan, yaitu menggunakan formula untuk mewarnai cell kita. Untuk contoh kasusnya adalah membandingkan antara nilai aktual penjualan dibandingkan dengan target yang ingin dicapai.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download file contoh sales_vs_target.xlsx dari link https://storage.googleapis.com/google-code-archive-downloads/v2/code.google.com/belajar-excel/conditional_formatting.xlsx
  2. Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2010, buka file yang telah di-download tersebut.
  3. Pada Sheet 1 terdapat data dengan tampilan sebagai berikut.



    Data tersebut adalah data penjualan dari tiga kategori produk (Buah, Makanan & Minuman, Sayur-Sayuran) selama dua semester. Sementara itu terdapat juga target penjualan untuk tiap semester.
  4. Dari data tersebut, kita akan memberi dua warna, yaitu hijau dan merah pada kolom penjualan dari kedua semester. Hijau apabila target tercapai, tetapi merah apabila target tidak tercapai.
  5. Dengan mouse dan tombol CTRL, pilih dua range yang B3:B5 serta D3:D5 seperti tampak pada gambar berikut.

  6. Pada ribbon tab Home, klik Conditional Formatting | Manage Rules.

  7. Pada dialog Conditional Formatting Rules Manager, klik tombol New.

  8. Pada dialog New Formatting Rule dan pada daftar Select a Rule Type, pilih Use a formula to determine which cells to format.

  9. Pada bagian Edit the Rule Description | Format values where this formula is true: ketik manual formula berikut:

    B3>=C3

  10. Setelah itu klik tombol Format. Pada dialog Format Cells yang muncul, klik tab Fill. Pilih warna hijau untuk Background Color. Klik tombol OK.

  11. Dialog New Forma Rule sekarang akan terlihat seperti gambar berikut.

  12. Klik tombol OK untuk menutup dialog.
  13. Sekarang terdapat tambahan satu rule pada Conditional Formatting Rules Manager. Namun, perhatikan pada rule tersebut apakah yang terisi sesuai dengan yang kita isikan sebelumnya, yaitu B3 >= C3. Pada kasus penulis, rule tidak terisi seperti itu (terlihat pada gambar berikut).

  14. Untuk memperbaiki ini, klik tombol Edit Rule dan isikan kembali formula =B3 >= C3 dan klik tombol OK. Kali ini rulenya telah benar.

  15. Ulangi langkah 7 s/d 14 untuk rule berikut dengan format warna merah.

    =B3 < C3

    Hasil akhir tambahan rule tersebut akan tampak sebagai berikut.

  16. Klik tombol Apply, cell-cell yang kita pilih pada langkah no. 5 akan di-format sesuai kondisi rule-rule yang kita masukkan.

  17. Selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Launching E-BOOK EIUG: Form Entry Sederhana dengan Excel VBA

Pengunjung BelajarExcel.info Yang Saya Hormati, Pada tanggal 14 Juni 2014,Excel Indonesia User Group (EIUG) yang merupakan salah satu komunitas Excel terbesar di Facebook telah meluncurkan e-book pertama yang merupakan hasil dari usaha komunitas.

Buku ini diluncurkan dengan judul “Form Entry Sederhana dengan Excel VBA” dan dapat Anda download secara bebas dan gratis di:
https://www.facebook.com/groups/belajarexcelinfo/702743979790153/.
Sebagai salah satu admin group,saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada member-member berikut – diurutkan berdasarkan alfabet – yang telah berkontribusi di buku ini : Pak Alif TaraPak Grafi KaPak Nur KholisPak Syamsul Maarif atas kontribusinya di buku ini.
Ini adalah perwujudan nyata dari motto EIUG: BERSAMA KITA BISA,BISA KARENA KITA BERSAMA! NB: Silahkan dishare ke rekan-rekan kerja,teman kuliah dan teman-teman lain yang mungkin sangat membutuhkan e-book ini. Terima kasih.

Rumus / Formula Pada Excel 2007

Untuk menguasai Excel, tentunya tidak mungkin jika kita tidak memahami kumpulan rumus (formula) yang terdapat pada Excel.

Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa  link contoh untuk penggunaan yang mudah.

Jika bukan halaman ini yang Anda cari tetapi ingin belajar Excel dari awal, silahkan kunjungi halaman http://www.belajarexcel.info/2012/10/belajar-excel-bagi-pemula.html.
Rumus atau formula adalah suatu gabungan dari beberapa elemen yang akan menghasilkan suatu nilai kembalian.

Elemen-elemen tersebut adalah :
fungsioperator referensi cellnilai konstan berupa angka atau teks
Contoh rumus dan hubungan dari tiap elemen tersebut ditunjukkan dengan ilustrasi berikut.


Penulisan Rumus pada Excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan ( = )
Gambar Animasi : Memasukkan Rumus di Cell

Daftar Operator yang Dapat Digunakan Selain fungsi, banyak juga yang menanyakan bagaimana penggunaan operator seperti tanda +, -, *, /,…

Penjumlahan Data dengan Auto Sum Pada Excel 2010

Penjumlahan data pada Excel selain menggunakan operator + (plus) adalah menggunakan fungsi SUM. Tetapi kedua cara tersebut mengharuskan kita memasukkan pilihan cell atau range secara manual.


Untuk mengurangi "kerepotan" tersebut Excel menyediakan fungsi Auto Sum. Fitur ini akan menjumlahkan angka dari cell-cell yang ada dengan cara terurut sebagai berikut:

Mencari angka pada cell-cell di atas cell yang akan diisi dengan Auto Sum. Pencarian akan berhenti jika menemukan cell kosong.Jika dari awal cell di atas kosong, maka pencarian akan dilakukan ke sebelah kiri dari cell yang akan diisi dengan Auto Sum. Pencarian akan berhenti jika menemukan cell kosong.Jika cell-cell di atas dan di samping kiri kosong semua maka Auto Sum hanya memunculkan rumus SUM. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan Auto Sum. Download file contoh yang akan kita gunakan pada latihan berikut disini, dan buka dengan aplikasi Excel 2010. File tersebut berisi data transaksi dengan matrix 3 baris (kategori p…