Pewarnaan dengan Conditional Formatting pada Excel 2010

Seperti namanya, conditional formatting adalah satu fitur pada Excel 2007 ke atas yang digunakan untuk melakukan format pada range dari cell berdasarkan kondisi tertentu, sebagai contoh:

  • Mewarnai cell dengan hijau, kuning dan merah berdasarkan nilai tertentu.
  • Memberikan intensitas spektrum warna sesuai dengan rentang nilai.
Melalui artikel ini, mari kita coba fitur ini dengan contoh pewarnaan sederhana sebagai berikut:
  1. Download file contoh summary_penjualan.xlsx dari link http://goo.gl/awgyIB.
  2. Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2010, buka file yang telah di-download tersebut.
  3. Pada Sheet 1 terdapat data dengan tampilan sebagai berikut. Klik pada gambar untuk memperbesar tampilannya.Contoh data ini menunjukkan penjualan dari buah-buahan, makanan dan sayur-sayuran dari bulan ke bulan.
  4. Kita akan coba melihat perbandingan penjualan dari seluruh bulan dan dari seluruh kategori. Pilih range B3:M5.
  5. Pada ribbon tab Home, klik Conditional Formatting pada group Styles.
  6. Lanjutkan dengan mengarahkan pilihan ke Color Scales | Red – Yellow – Green Color Scale
  7. Hasilnya akan terlihat pada gambar berikut, dimana nilai penjualan sangat jelas terbagi berdasarkan nilai penjualannya. Buah-buahan selalu menempati nilai tertinggi (merah), diikuti Sayur-sayuran (kuning) dan terakhir Makanan dan Minuman (hijau).
  8. Dari hasil pewarnaan tersebut, untuk dilakukan analisa terasa kurang “menggigit”. Cobalah ulangi langkah pewarnaan di atas tapi pemilihan range hanya untuk tiap baris kategor, yaitu berturut range B3:M3, B4:M4 dan B5:M5.Jika semua berjalan lancar, maka hasilnya akan terlihat seperti tampilan berikut.Terlihat penjualan yang mendominasi ada pada bulan 10, dimana semua warna hampir mendekati merah.
  9. Selain warna, sebenarnya conditional formatting ini juga bisa menggunakan indikator lain seperti panjang bar berwarna dengan Data Bars dan gambar menggunakan Icon Sets.Cobalah blok bari Grand Total, yaitu range B6:M6. Kemudian dari menu Conditional Formatting |  Icon Sets, dan pilih 3 Signs.
  10. Sebagian hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut. Perhatikan gambar bulat hijau menandakan penjualan terbaik, yaitu di bulan 3, 7, 8 dan 10.
  11. Sekarang hilangkan format warna yang telah kita buat dengan cara mengklik menu Conditional Formatting | Clear Rules, dan pilih Clear Rules from Entire Sheet.
  12. Selesai.
Demikian artikel pewarnaan sederhana dengan conditional formatting ini penulis buat, pada artikel lainnya akan ditunjukkan bagaimana menggunakan berbagai rule untuk melakukan formatting yang lebih terarah. Semoga bermanfaat.

BelajarExcel.info

5 Comments

  1. Menarik sekali pembahasan, dapat menjadi inspirasi saya untuk menulis juga pembahasan Excel di blog saya. Kebetulan saya juga mempunyai pembahasan tentang Excel di blog saya, silahkan berkunjung untuk melihat lebih detail. Terima kasih

  2. Mantap nih, pagi-pagi udah dapat ilmu yang bermanfaat, bakal sering dipake buat kerjaan sehari-hari nih 😀

    Nice +1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *