Apa itu Time Value of Money ?

Halo para Pengunjung Setia BelajarExcel.info,

Pada artikel kali ini membahas satu konsep nilai uang yang sangat penting, yaitu Time Value of Money atau konsep Nilai Uang Berdasarkan Waktu. Mari kita lihat apa yang dimaksud dengan konsep ini dan contoh penggunaannya pada Excel.

Hampir 10 tahun yang lalu dengan uang 20 ribu rupiah penulis bisa belanja makan siang dengan kenyang di satu rumah makan Padang Jakarta. Namun di tahun 2013, dengan menu makan siang yang sama penulis sudah harus membelanjakan uang 50 ribu rupiah.

Dari contoh tersebut, terlihat nilai uang di masa mendatang menjadi semakin kecil. Atau dengan kata lain, uang Rp 20 ribu yang kita pegang 10 tahun yang lalu nilainya lebih berharga jika dibandingkan sekarang.

Konsep inilah yang disebut dengan Time Value of Money, dimana waktu sangat berperan dalam menentukan nilai uang. Para pembaca masih ingat pepatah "Time is Money" bukan ?

Tips : Menggunakan Auto Fit pada Excel 2010

Pernahkan Anda menemukan data-data pada Excel yang sepertinya diatur dengan sangat "sembrono" dan tidak rapi seperti gambar berikut?


Ini dikarenakan kolom-kolom tersebut sama panjangnya, harusnya diatur sesuai isi masing-masing. Mari kita perbaiki dan rapikan dengan langkah-langkah berikut ini.
  1. Download file latihan dari ms_cabang.xls.
  2. Buka file tersebut dengan aplikasi Excel 2010.
  3. Klik tombol Enable Editing pada pita peringatan yang muncul pada Excel 2010. Ini dikarenakan mekanisme security yang melindungi kita dari kemungkinan serangan dari file yang diambil dari internet.

  4. Pilih semua cell yang akan Anda lakukan auto fit. Untuk memilih semua range data, bisa dengan menggunakan shortcut CTRL + SHIFT + *.

  5. Pada ribbon Home, pilih menu Format | Autofit Column Width.

  6. Kolom-kolom pada table Anda sudah rapi sekarang.

  7. Selesai.

Launching E-BOOK EIUG: Form Entry Sederhana dengan Excel VBA

Pengunjung BelajarExcel.info Yang Saya Hormati, Pada tanggal 14 Juni 2014,Excel Indonesia User Group (EIUG) yang merupakan salah satu k...