Apa itu View pada Microsoft Project 2007?

Belajar menggunakan Microsoft Project 2007 berarti sebagian besar belajar bekerja dengan apa yang dinamakan View.

View adalah suatu tampilan ruang kerja yang digunakan untuk mengelola berbagai hal di dalam project mulai dari task, resource, calendar, dan lain-lain. Setiap view ditampilkan pada panel yang dinamakan Project Plan Window.

Tampilan Microsoft Project 2007

Terdapat banyak jenis view di dalam aplikasi Microsoft Project 2007. Masing-masing dengan tampilan, isian data yang berbeda dan spesifik untuk mengelola item tertentu.

Jenis format tampilan dasar yang membentuk berbagai view tersebut adalah :

  • Gantt Chart

  • Network Diagram
  • Graph
  • Sheet
  • Usage
  • Form

 

Catatan : Anda hanya dapat bekerja dengan 1 atau maksimal 2 view pada suatu saat.

Semua view disusun dalam tiga kategori, yaitu task views, resource views, and assignment views. Berikut adalah daftar rincian view dari tiap kategori tersebut.

Task Views

  1. Format Gantt Chart
    1. Gantt Chart: merupakan view default dengan dua panel, dengan satu panel berbentuk tabular (sheet) yang menampilkan task dan informasi lainnya. Pada panel lainnya menampilkan grafik batang yang diplot dengan skala waktu (timescale).
    2. Bar Rollup: digunakan untuk menampilkan subtask dalam bentuk jejeran / rangkaian bar pada level group (summary) task. Hal ini mempermudah kita untuk melihat rincian tugas yang ada walaupun pada level summary.
    3. Milestone Date Rollup: hampir sama seperti item no. 2 di atas, namun pada level summary indikator milestone yang ditampilkan dan bukannya bar. Pada indikator milestone ditampilkan juga label task dan tanggal awal task (start date).
    4. Milestone Rollup: hampir sama seperti item no. 2 di atas, namun pada level summary indikator milestone yang ditampilkan dan bukannya bar. Pada indikator milestone tersebut ditampilkan juga label dari task terkait.
    5. Detail Gantt: digunakan untuk melihat slack (toleransi durasi waktu sebelum project memasuki masa kritis, yang dapat menyebabkan keterlambatan project) dan slippage (perbedaan antara biaya dan anggaran).
    6. Leveling Gantt: proses levelling pada suatu project adalah melakukan reschedule karena kita mengalokasikan task yang berlebihan kepada resource kita (overallocation). View ini digunakan untuk melihat efek dari sebelum dan sesudah proses levelling dilakukan.
    7. Multiple Baselines Gantt:
    8. PA_Expected Gantt: adalah tampilan yang dapat digunakan setelah menjalankan PERT (Program, Evaluation, and Review Technique) analysis tool. View ini digunakan untuk mengevaluasi ekspektasi dari durasi, tanggal mulai dan tanggal berakhirnya project.
    9. PA_Optimistic Gantt: View ini digunakan bersama dengan PERT analysis tool untuk mengevaluasi skenario terbaik (best-case) dari durasi, tanggal mulai dan tanggal berakhirnya project.
    10. PA_Pessimistic Gantt: View ini digunakan bersama dengan PERT analysis tool untuk mengevaluasi skenario terburuk (worst-case) dari durasi, tanggal mulai dan tanggal berakhirnya project.
    11. Tracking Gantt: Variasi dari Gantt Chart dengan tampilan 2 bar, yaitu durasi waktu pengerjaan dari task yang sedang / sudah dilaksakan (scheduled / actual) versus perencanaan (baseline).
  2. Format Network Diagram
    1. Network Diagram: merupakan representasi task dalam bentuk kotak (box) dan relasi dependensi antar task berupa garis penghubung antar box. Kita dapat menambahkan, mengedit rincian dan melakukan review dari tiap task maupun dependensi dari diagram ini.
    2. Descriptive Network Diagram: view ini sama dengan Network Diagram, hanya saja ukuran box lebih besar dan deskripsinya lebih rinci.
    3. Relationship Diagram:  adalah network diagram yang tidak menampilkan task secara keseluruhan, tapi task saat ini beserta task pendahulu (predecessor) dan dependen terhadapnya (successor).
  3. Format Graph
    1. Calendar: tampilan kalender yang dapat digunakan untuk menambah, merubah dan melakukan review terhadap task.
  4. Format Sheet
    1. Task Sheet: tampilan informasi task dalam bentuk sheet / tabular.
    2. PA_PERT Entry Sheet: adalah sheet yang digunakan untuk membantu menganalisa dan menguji skenario ekspektasi, optimistik (best-case) dan pesimistic (worst-case) dalam menentukan durasi proyek.
  5. Format Form
    1. Task Details Form: berisi formulir perubahan data dan jadwal untuk satu task, dalam bentuk grid.
    2. Task Form: berisi formulir perubahan data untuk satu task, dalam bentuk grid.
    3. Task Name Form: versi sederhana dari Task Form.

Resources Views

  1. Format Graph
    1. Resource Graph: berisi informasi alokasi resource, biaya dan pekerjaan yang over time dalam bentuk grafik bar.
  2. Format Sheet
    1. Resourche Sheet: merupakan tampilan untuk memasukkan, merubah dan melakukan review terhadap data resource.
  3. Format Form
    1. Resource Form: merupakan tampilan untuk memasukkan, merubah dan melakukan review terhadap data satu resource dalam satu waktu.
    2. Resource Name Form: merupakan versi sederhana dari Resource Form.

Assignment Views

  1. Format Usage
    1. Task Usage: menampilkan 2 sheet pada panel yang berbeda. Satu panel berisi daftar task, sedangkan panel lainnya berisi data durasi waktu task yang sudah digunakan pada sheet timescale.
    2. Resource Usage: menampilkan 2 sheet pada panel yang berbeda. Satu panel berisi daftar resource, sedangkan panel lainnya berisi data durasi waktu penggunaan resource tersebut pada sheet timescale.

Sumber Referensi

 

BelajarExcel.info

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *