Bagian 1 - Apa dan Kenapa Excel?

Apa itu Excel? 

Microsoft Office Excel atau sering disebut Excel adalah software spreadsheet atau aplikasi pengolah data yang paling populer digunakan di dunia saat ini.

Dengan kemudahan penggunaan dan kehandalannya dalam melakukan perhitungan data, Excel tidak memiliki manfaat yang sangat banyak dan berguna bagi banyak perusahaan. Bahkan sampai saat ini, hampir tidak ada kantor di dunia yang tidak menggunakan Excel.

Berbagai Manfaat Excel

  1. Menyimpan, Mengolah dan Menganalisa Data Angka: Kita dapat menggunakan Excel untuk memasukkan data kas, membuat laporan keuangan , menghitung angsuran pinjaman, merencanakan anggaran, analisa berbagai laporan dalam bentuk pivot, dan lain-lain.

  2. Membuat Grafik dan Diagram: Excel dapat kita gunakan untuk membuat chart yang sangat ekspresif seperti line chart, bar chart, pie chart, spark lines, dll. Komponen ini ditambah berbagai diagram visual yang dapat menjelaskan data dan proses dengan lebih baik.

  3. Mengimpor Data dari Sumber Lain: Anda ingin mengambil data dari text file ? Atau file DBF dari aplikasi Clipper Anda ? Atau database dari software populer seperti MySQL atau MSSQL ? Anda dapat melakukannya dengan mudah di Excel.

  4. Membuat Form dan Aplikasi Kompleks: Untuk tingkat lanjut, Excel dapat dikembangkan dengan form data yang user-friendly dan yang memiliki fungsi tambahan seperti otomatisasi, mengimpor halaman web, dan mengirim email secara otomatis. Hal ini dimungkinkan karena  adanya macro dan script programming VBA.

Nah, semoga sudah terbayangkan oleh Anda kemampuan Excel yang luar biasa ini. Meluangkan waktu untuk mempelajarinya adalah salah satu investasi terbaik bagi karir Anda. Klik tombol di bawah ini untuk melanjutkan ke bagian pertama tutorial.



No comments:

Post a Comment

Launching E-BOOK EIUG: Form Entry Sederhana dengan Excel VBA

Pengunjung BelajarExcel.info Yang Saya Hormati, Pada tanggal 14 Juni 2014,Excel Indonesia User Group (EIUG) yang merupakan salah satu k...