Contoh Penggunaan Fungsi SumIF

Pendahuluan

SUMIF adalah sebuah fungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita.

Syntax dari fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Keterangan :

  • range : adalah range dari cell-cell yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriteria yang akan kita tentukan.
  • criteria : kondisi atau aturan filter yang ingin kita gunakan.
  • sum_range : jika ini disebutkan maka range ini yang akan jadi acuan untuk mengambil nilai, tetapi posisinya sesuai dengan kolom – baris dari range yang terfilter.

Contoh Penggunaan

  1. Sebagai contoh, kita memiliki data range seperti terlihat di bawah ini  (A2:D10). Yang ingin kita lakukan adalah mengambil total dari Kacang saja kemudian ditempatkan hasilnya pada D11.

  2. Tempatkan cursor pada cell D11 dan ketikkan formula berikut :

    =SUMIF(D3:D10,”=Kacang”,C3:C10)

    ini artinya dari range kriteria dari D3:D10, kita mengambil yang nilainya Kacang saja. Setelah itu ambil range nilai yang akan dijumlah yaitu C1:C10.

  3. Hasilnya akan terlihat sebagai berikut. Nilai 15 didapatkan sebagai total jumlah untuk Kacang saja.

  4. Selesai

Download Contoh

Klik disini untuk mendownload contoh worksheet yang berisi penggunaan SUMIF pada artikel ini.

Artikel Terkait

Sumber Referensi

BelajarExcel.info

14 Comments

    • saya karyawan PLN, stiap bulan ntnguig data dan bikin daftar tagihan listrik ntuk kolektor,data induk terdiri atas berbagai no idpel. nah saya mo bagi idpel itu berdasarkn kode wilayah (idpel itu dipisah-2 tp tidak berurutan) nah punya cara cepatnya gak,..?? ntuk memishkannya???

  1. Mau tanya donk,
    Kalau mau menjumlahkan sel yang sum rangenya berasal dari rumus dan range serta kriterianya adalah data yang sebenarnya (bukan pengolahan rumus). rumusnya bagaimana ya? soalnya waktu aku coba memakai sumif, hasilnya 0

  2. Mau tanya kalo mau menjumlahkan berdasarkan currency bisa ga ya? misalnya A1 sd A3 itu US$ trus A4 sd A7 itu IDR, kita mau SUM untuk masing masing mata uang. US$ di A10 dan IDR di A11. mohon pencerahannya

  3. Tanya Gan, kalo criterianya lbh dr 1 gmn, contoh : pengin menjumlah yg bulan 6(juni) dan kacang saja, caranya gimana Gan … mohon pencerahan juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *