VBA: Fungsi Warna RGB

Pada VBA, pewarnaan cell ataupun objek lainnya sering menggunakan fungsi yang bernama RGB. Pada artikel berikut akan dijelaskan mengenai apa itu RGB dan bagaimana mencari nilai warna yang tepat untuk fungsi ini.

Apa itu RGB?

RGB adalah singkatan dari RedGreen dan Blue, (Merah, Hijau dan Biru). Kombinasi 3 warna cahaya ini akan membentuk semua warna yang bisa kita lihat – dengan berbagai intensitas yang berbeda. Tiap nilai intensitas akan diwakili angka dari 0 s/d 255.

Dan fungsi RGB pada VBA akan menerima nilai ini pada 3 parameter dengan urutan warna sesuai dengan namanya. Berikut adalah 2 contoh penggunaan fungsi RGB:

  • RGB(123,30,20)
  • RGB(255,255,255)

Mencari Nilai-nilai RGB

Kita sudah mengerti fungsi tersebut, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memasukkan nilai-nilai tersebut untuk mendapatkan warna yang kita inginkan?
Jangan bingung, karena tiap dialog warna pada Excel memiliki informasi tersebut. Berikut adalah contoh pencarian nilai RGB menggunakan dialog warna text.
  • Pada tab Home, klik panah bawah pada icon Font Color, setelah itu pilih menu More Colors….

  • Pada dialog Colors, klik tab Custom. Pastikan Color model yang terpilih adalah RGB.
  • Klik warna yang diinginkan pada layar spektrum warna dan intensitas yang ada. Nilai R,G dan B akan muncul dan siap digunakan pada rumus RGB.

    Pada contoh gambar di bawah ini, warna ungu yang digunakan akan memiliki nilai fungsi RGB(163, 25, 143).

  • Selesai.

BelajarExcel.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *