Contoh Kasus: Mendapatkan Nilai Tertinggi dari Kumpulan Tanggal Yang Sama

Sering sekali dari suatu kumpulan data tanggal dan nilai, kita ingin mengambil nilai maksimum dari tanggal tersebut.

Sebagai contoh, dari data pada gambar berikut untuk tanggal 3 Oktober 2013 (10/3/2013) kita ingin mendapatkan nilai 212 sebagai nilai terbesarnya.

Nilai maksimum untuk tanggal 10/3/2013

Sedangkan untuk tanggal Y kita ingin mendapatkan YMax.

Nilai Maksimum untuk tanggal 8/16/2013

Berikut adalah contoh rumus array formula untuk mendapatkan max dari tanggal 10/3/2013 – diketik dulu rumusnya dan diakhiri penekanan tombol CTRL+SHIFT+ENTER. Rumus ini berlaku untuk kondisi data seperti pada gambar di atas.

=MAX(IF(B2:B10=DATEVALUE(“10/3/2013″),D2:D10,0))

Dan jika kita menggunakan filter tanggal yang kita masukkan pada kolom F, maka kita masukkan formulanya kira-kira sebagai berikut (ingat diakhiri dengan penekanan tombol CTRL+SHIFT+ENTER).

=MAX(IF($B$2:$B$10=F2,$D$2:$D$10,0))

Penggunaan Formula dengan Filter pada kolom B (klik untuk memperbesar gambar)

Untuk Anda yang ingin mendownload filenya silahkan klik link di bawah ini, file tersebut terdapat di user group Facebook kami.

Array Formula – Mendapatkan Nilai Tertinggi dari Group Tanggal Yang Sama.xlsx

Semoga Bermanfaat !

BelajarExcel.info

4 Comments

  1. Min saya masih newbie hehe, mau nanyakenapa diakhir penulisan formula harus menggunakan CTRL+SHIFT+ENTER ?, kalau ditekan ENTER malah menghasilkan nilai “0″ . Terima Kasih min :)

  2. ini dia tutor yang dicari, namun ada kendala nih om admin, bagaimana/formula apa untuk menjumlah data ganda dari transaksi di tanggal yang sama, contoh di kolom A=nama barang transaksi , kolom B=jumlah item yang dibeli C= nilai transaksi, dalam sebuah transaksi ditanggal yang sama ada pembelian dari konsumen terhadap nama barang yang sama, gimana menjumlahkan data barang yang sma tersebut kemudian diakumulasikan hasilnya menjadi satu baris dalam sebuah sheet invoice(tanpa menggunakan makro)?

  3. Mau nanya tentang penggunaan option button, yaitu untuk pilihan ke samping dengan nilai yang diubah 0, 1, 2 (bawaannya 1, 2, 3). Ketika saya coba copy ke bawah cell linknya menjadi 4, 5, 6. Bagaimana caranya supaya cell link nilainya menjadi 0, 1, 2 atau menjadi 1, 2, 3. Dan saya memerlukannya untuk baris-baris selanjutnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *