Friday, June 28, 2013

Halo para Pengunjung Setia BelajarExcel.info,

Pada artikel kali ini membahas satu konsep nilai uang yang sangat penting, yaitu Time Value of Money atau konsep Nilai Uang Berdasarkan Waktu. Mari kita lihat apa yang dimaksud dengan konsep ini dan contoh penggunaannya pada Excel.

Hampir 10 tahun yang lalu dengan uang 20 ribu rupiah penulis bisa belanja makan siang dengan kenyang di satu rumah makan Padang Jakarta. Namun di tahun 2013, dengan menu makan siang yang sama penulis sudah harus membelanjakan uang 50 ribu rupiah.

Dari contoh tersebut, terlihat nilai uang di masa mendatang menjadi semakin kecil. Atau dengan kata lain, uang Rp 20 ribu yang kita pegang 10 tahun yang lalu nilainya lebih berharga jika dibandingkan sekarang.

Konsep inilah yang disebut dengan Time Value of Money, dimana waktu sangat berperan dalam menentukan nilai uang. Para pembaca masih ingat pepatah "Time is Money" bukan ?

Nah, sebagai pribadi, profesional apalagi pengusaha yang setiap hari berkutat dengan uang, mari kita lihat apa yang bisa dilakukan oleh program Excel menghitung prediksi nilai uang kita pada berbagai kondisi waktu dengan contoh-contoh berikut ini.

Future Value

Future Value adalah nilai uang kita di masa mendatang dibandingkan saat ini. Dihitung dengan skema cicilan pinjaman berdasarkan tingkat suku bunga, lamanya periode yang diamati, nilai uang saat ini serta nilai uang cicilan.

Pada Excel, rumus yang digunakan untuk menghitung Future Value ini adalah dengan menggunakan rumus FV dengan syntax berikut.

FV(rate,nper,pmt,[pv],[type])

dimana :
  • rate : adalah tingkat suku bunga per periode.
  • nper : jumlah periode.
  • pmt : jumlah pembayaran / cicilan yang dilakukan tiap periode.
  • pv: nilai uang saat ini. Harus dimasukkan pmt kita kosongkan.
  • type: diisi dengan nilai 0 jika cicilan dilakukan di akhir periode, dan 1 jika dilakukan di awal periode.

Contoh 1

Budi menyimpan uangnya di bank sebesar Rp 1 juta rupiah. Bunga per tahun adalah 10%, dan dibayarkan pada akhir setiap bulan. Rumus seperti apa yang digunakan ? Dan berapa nilai uang Budi pada akhir tahun pertama ?

Jawaban 1

Rumus Excel yang digunakan adalah

=FV(10% / 12, 12, , -1000000)

Dan nilai uang Budi pada akhir tahun pertama adalah Rp 1.104.713,07.

Contoh 2

Budi menyimpan uangnya di bank sebesar Rp 150 ribu setiap bulan. Bunga per tahun adalah 10%, dan dibayarkan pada akhir setiap bulan. Rumus seperti apa yang digunakan ? Dan berapa nilai uang Budi pada akhir tahun pertama ?

Jawaban 2

Rumus Excel yang digunakan adalah

=FV(10% / 12, 12, -150000)

Dan nilai uang Budi pada akhir tahun pertama adalah Rp 1.884.835,21.

Present Value

Present Value adalah nilai uang kita di masa sekarang jika dibandingkan suatu saat di masa mendatang. Dihitung dengan skema investasi berdasarkan tingkat suku bunga, lamanya periode yang diamati, nilai uang di masa mendatang.

Pada Excel, rumus yang digunakan untuk menghitung Present Value ini adalah dengan menggunakan rumus PV dengan syntax berikut.

PV(rate, nper, pmt, [fv], [type])

dimana :
  • rate : adalah tingkat suku bunga per periode.
  • nper : jumlah periode (dalam satu tahun).
  • pmt : jumlah investasi yang dilakukan tiap periode.
  • fv: nilai uang di masa mendatang. Harus dimasukkan pmt kita kosongkan.
  • type: diisi dengan nilai 0 jika cicilan dilakukan di akhir periode, dan 1 jika dilakukan di awal periode.

Contoh 1

Budi ingin uangnya pada 1 tahun mendatang menjadi 10 juta rupiah. Dengan tingkat suku bunga 10% per tahun dan jika setiap bulan dia melakukan investasi / simpanan, berapa nilai uang dia saat ini ?

Jawaban 1

Rumus Excel yang digunakan adalah

=PV(10%/12, 12, , -10000000)

Dan nilai uang Budi saat ini sehingga akhirnya menjadi 10 juta rupiah pada akhir tahun pertama adalah Rp 9.052.124,30.

Contoh 2

Budi setiap bulan akan menyimpan uangnya per bulan 900 ribu rupiah sampai akhir tahun pertama, dengan tingkat suku bunga 10% per tahun. Berapa nilai total uangnya saat ini ?

Jawaban 1

Rumus Excel yang digunakan adalah

=PV(10%/12, 12, -900000)

Nilai total uang Budi saat ini adalah Rp 10.237.057,58.

Penutup

Demikian artikel mengenai konsep Time Value ini kami sajikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dalam melakukan perhitungan nilai uang, dan tentunya bisa aplikatif di keseharian kerja kita.

Untuk saran, komentar baik dari bahasa penulisan maupun topik yang diinginkan bisa dilakukan dengan mention kami di twitter @BelajarExcel. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Terkait

placeholder

3 comments:

  1. saya mau tanya jika tiap bulan tabungannya jumlahnya tidak sama bagaimana cara menghitungnya semisal periode 0=10000, per2=2000000, per3=25000000, dselanjutx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Rendra, kalau perhitungan tidak sama maka harus manual Pak. Bisa lihat contohnya di pic berikut: https://twitter.com/BelajarExcel/status/385775990518976512/photo/1.

      Delete
    2. Maaf, gambarnya menunjukkan cicilan tetap. Tinggal dirubah sesuai nilai cicilan Pak Rendra.

      Delete

Like Us