Nate Silver dan Situs FiveThirtyEight.com

Nate Silver pada Konferensi South by Southwest
Sumber Gambar : Wikimedia Commons

Nate Silver adalah seorang ahli statistik dan blogger Amerika Serikat yang sangat terkenal dan boleh dibilang sebagai selebriti di bidang statistik.

Popularitasnya diraih atas hasil prediksi pemilu negaranya yang sangat tepat pada tahun 2008 dan 2012, baik itu pemilu presiden maupun senat.

Pada awalnya, hasil-hasil prediksi itu dipublikasikan pada blog bernama FiveThirtyEight.com, dimana angka 538 (five thirty eight) sendiri adalah jumlah elektoral yang menjadi dasar perhitungan pemilu di Amerika Serikat.

Atas pencapaiannya tersebut, Nate Silver dinobatkan sebagai 100 tokoh paling berpengaruh versi Times pada tahun 2009 (kategori Ilmuwan dan Pemikir – Scientists & Thinkers).

Awal Karir dan Sistem PECOTA

Nate Silver – yang lahir pada tahun 1978 di Michigan, Amerika Serikat – mengawali karirnya pada tahun 2000 sebagai konsultan ekonomi di Chicago selama 4 tahun, sebuah pekerjaan yang di kemudian hari diakuinya sama sekali tidak disukai.

Selama bekerja sebagai konsultan Nate memanfaatkan waktu luangnya mengembangkan sistem PECOTA (Player Empirical Comparison and Optimization Test Algorithm), yaitu suatu sistem statistik yang melakukan prediksi performa tim pada liga baseball Amerika Serikat.

Sistem ini kemudian dijual ke BaseballProspectus.com (BP) pada tahun 2003 dan terbukti sangat akurat dalam melakukan prediksi performa tim baseball dari tahun ke tahun.

Sedemikian populernya, sistem PECOTA kemudian menjadi inspirasi untuk lahirnya sistem-sistem prediksi pada cabang olahraga lainnya.

Nate Silver, sebagai jurnalis yang berbakat, pada rentang tahun 2003-2008 telah menulis lebih dari 200 artikel mengenai baseball pada BP, ESPN.com, Sports Illustrated, dan lain-lain.

FiveThirtyEight.com

Popularitas Nate akan semakin bersinar, ketika dia mulai memutuskan untuk masuk ke analisa politik. Pada tahun 2008, Nate Silver meluncurkan blog FiveThirtyEight.com yang melakukan survei polling dari para pengunjung dengan metode analisa yang dikembangkan dari pengalaman Nate dalam memprediksi hasil performa tim baseball. Pada awalnya, Nate menggunakan nama samaran Poblano dalam mempublikasikan hasil karyanya.

Blog tersebut mendapatkan momentum ketika satu demi satu prediksinya benar-benar terwujud, sebagai contoh pada tahun 2008, prediksinya bahwa Barrack Obama (ketika itu belum menjadi presiden) akan keluar sebagai pemenang calon presiden dari Partai Demokrat mengalahkan Hillary Clinton dengan angka 859-829, ternyata sangat mendekati kenyataan dimana Obama memang menang dengan angka 847-834.

Hasil ini mendapat liputan yang luas, karena banyak analisa dari situs populer lainnya jauh dari ketepatan oleh penulis “anonim” ini. Pada 30 Mei 2008, Nate akhirnya mengungkapkan nama aslinya ke publik.

Popularitas FiveThirtyEight.com terus menanjak dengan statistik Oktober 2008 mencapai 2.5 juta pengunjung per minggunya.

Puncaknya, pada pemilu senat dan presiden Amerika Serikat 2008 FiveThirtyEight.com memprediksi dengan tepat bahwa Presiden Amerika Serikat berikutnya adalah Barrack Obama, dengan selisih kesalahan elektoral 12 vote. Dan untuk pemilihan senat, seluruh prediksi hasilnya tepat !

Pada pemilu tahun 2012, Nate Silver juga memprediksikan dengan tepat hasil pemilu dengan kesalahan hasil hasil pada 2 negara bagian saja.

Dengan prestasi inilah, akhirnya Nate dinobatkan oleh Times sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia di tahun 2009.Pada tahun 2010, blog ini dilisensikan kepada Times dengan judul baru “FiveThirtyEight: Nate Silver’s Political Calculus“.

Ingin tahu lebih jauh mengenai hasil karya dan cara Nate Silver? Cobalah simak presentasinya di ajang konferensi TED (Technology, Entertainment and Designs) Talks yang sering mengundang tokoh-tokohn paling berpengaruh di dunia. Semoga bermanfaat !

Sumber Referensi

BelajarExcel.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *