Mengurutkan Data Berdasarkan Jumlah Duplikasi

Deskripsi Kasus

Anda ingin mengurutkan data berdasarkan jumlah duplikasi yang terjadi pada data tersebut. Pengurutan berdasarkan jumlah duplikasi terkecil sampai terbesar.

Contoh ilustrasi dari transformasi yang diinginkan terlihat pada gambar di bawah ini.

Sumber kasus ini berasal dari posting Pak Ephi pada forum diskusi kami. Anda dapat mendownload contoh file praktek disini.

Solusi

  1. Dari table yang diberikan kita tambahkan satu kolom, yaitu Jumlah Duplikat untuk menyimpan perhitungan  jumlah duplikasi (dengan menggunakan fungsi COUNTIF).

Argumen pertama pada COUNTIF adalah range data sumber, sedangkan argumen kedua menggunakan referensi duplikasi data yang dicari. Untuk jelasnya terlihat pada gambar berikut.

  • Copy formula tersebut sejumlah baris data yang ada.

    Hasil yang didapatkan tampak pada gambar berikut. Terlihat A memiliki 3 duplikat, B memiliki 4 duplikat dan C memiliki 2 duplikat.

  • Dengan cursor yang masih aktif pada salah satu cell pada table data yang ada, klik tombol Sort pada ribbon Data (Excel 2007).

    Pada dialog sorting yang muncul, masukkan kolom Jumlah Duplikat sebagai kolom yang akan disorting seperti pada gambar berikut dan klik tombol OK.

  • Table data kita sudah akan terurut sesuai jumlah duplikasi datanya. Hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut.
  • Selesai.

 

Baca Juga

Sumber Referensi

BelajarExcel.info

One Comment

  1. mas, formula apa yang bisa digunakan untuk menjumlahkan nilai dari data ganda, misalkan saya punya data laporan penjualan harian dengan kriteria pelanggan A membeli sabun 3 buah dan pelanggan B membeli sabun 7 buah ditanggal/hari yang sama. gimana cara menjumlahkan nilai dari data ganda dari tanggal yang sama dan dijumlahkan nlainya dan dari data yang sama tersebut hanya tertera nama sabun?, thank mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *